Sabtu, 09 Februari 2008

Arti Sholat ?

Sholat setahu saya adalah salah satu ibadah wajib yang dilakukan orang islam yang tata caranya sudah diatur dalam Al-Qur’an. Yang sehari dilakukan sebanyak 5 kali dan waktunya pun sudah ditetapkan.
Arti lain dari sholat itu sendiri adalah bercakap – cakap atau berbincang – bincang dengan Allah S.W.T. maksudnya seolah – olah sedang menghadap-Nya. Setelah saya banyak mendengarkan ceramah dan pelajaran agama islam saya mempunyai beberapa arti dari gerakan – gerakan dalam sholat. Tetapi tidak banyak beberapanya yaitu :

1. Takbirratul ikhrom ( berdiri sambil mengangkat tangan ke atas ) = membesarkan asma Allah dengan perasaan takut dan gemetar hanya kepada-Nya.

2. setelah takbirratul ikhrom ( berdiri dengan tangan dilipat diatas pusar. Tangan kiri memegang pergelangan tangan kanan dan tangan kiri ada di belakang tangan kanan sambil memegang perut sebelah kanan atau hati ) = untuk selalu selalu senantiasa menjaga hati diri sendiri maupun hati orang lain.

3. ruku’ dan sujud (ruku’=berdiri dengan membungkukkan badan. Sujud = mencuim tempat sholat) = perwujudan dari penghormatan rasa syukur atas ni’mat yang telah diberikan-Nya.

4. mengacungkan jari telunjuk pada saat duduk tahiat awal dan akhir = kesaksian bahwa Allah itu ESA. Yang berarti tunggal tidak memiliki istri, anak, saudara, atau orangtua atau juga tidak di peranak istrikan. Dan sesungguhnya Allah adalah dzat yang berdiri sendiri.


5. salam ( mengucapkan salam sambil menoleh kekanan dan kekiri ) = semua orang muslim yang ada saling menyapa. Alangkah indahnya jika dunia dipenuhi dengan kedamaian dan kerukunan.

Sekian dari saya sekiranya ada keluhan atau kritik dan saran anda dapat mengirimnya di tulisan komentar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar